Jumat, 27 Februari 2009

Contoh Silabus Kontekstual

SILABUS

Sekolah : SMP ............................

Kelas : VII (Tujuh)

Semester : 1 (Satu)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam

Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

Ciri-ciri makhluk

hidup :

· Memerlukan makanan dan air

· Bernafas (respirasi)

· Tanggap terhadap rangsangan (iritabilitas)

· Bergerak

· Mengalami pertumbuhan

· Berkembangbiak

· Mengeluarkan zat sisa (ekskresi)

· Melakukan adaptasi

· Memerlukan suhu tertentu untuk hidup

o Melakukan observasi terhadap hewan piaraan dan tumbuhan di halaman sekolah

o Mengamati ciri-ciri tumbuhan dan hewan

o Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia

o Merumuskan karakteristik /ke khasan ciri makhluk hidup

o Mendiskusikan perbedaan ciri khas antara tumbuhan dengan hewan

· Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup

· Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar- kan hasil observasi

· Membedakan ciri tumbuhan dan hewan

Tes tertulis

Tes kinerja

Tes tertulis

Pilihan Ganda

Tes unjuk kerja

Uraian

Kucing Si Rudi beranak tiga ekor. Diantara ciri-ciri makhluk hidup, yang paling tepat dengan kejadian ini adalah ...

a. tumbuh membesar

b. memerlukan sumber energi

c. memerlukan oksigen untuk pembakaran

d. berkembangbiak*

Pilihlah dua mahluk hidup yang ada di sekitar kalian, dan identifikasilah ciri-cirinya minimal 4 ciri, dan buatlah laporannya!

Ciri-ciri mahluk hidup yang manakah dapat dipakai untuk membedakan hewan dan tumbuhan?

2 x 40 menit

Tumbuhan di halaman sekolah, hewan piaraan, siswa, buku siswa, lingkungan, LKS, buku referensi yang relevan

6.2 Mengklasifikasi-

kan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki

o Klasifikasi makhluk hidup dilakukan berdasarkan kerangka acuan/dasar tertentu.

o Klasifikasi makhluk hidup dilakukan dengan menggunakan sistem klasifikasi

o Setiap makhluk hidup di letakkan dalam tingkatan takson tertentu.

o Semakin ke bawah tingkatan takson, maka persamaan dua individu pada tingkat takson tersebut semakin besar .

o Makhluk hidup diberi nama dengan sistem binomial nomenklature (penemaan dengan dua suku kata)

o Manfaat keanekaragaman makhluk hidup bagi kehidupan

o Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki organisme

o Mendiskusikan dasar pengelompokkan makhluk hidup

o Mengelompokkan organisme yang memiliki persamaan ciri dalam satu kelompok tertentu

o Eksplorasi informasi melalui referensi tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup

o Melakukan klsifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri yang dimiliki

o Mendiskusikan secara berkelompok, manfaat keanekaragaman makhluk hidup

o Melakukan kegiatan kebersihan di kebun dan halaman sekolah

o Melakukan kegiatan kebersihan dan memelihara kebun di rumah

· Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus bentuk kehidupan yang dimilikinya

· Memahami dasar-dasar pengelompokkan makhluk hidup

· Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup

· Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom

· Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di halaman sekolah berdasarkan ciri yang diamati

· Memberikan masing-masing sebuah contoh landasan/dasar yang digunakan dalam sistem klasifikasi

· Melestarikan kebun sekolah

Ter tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes unjuk kerja

Tes tertulis

Tes sikap

PG

Uraian

Uraian

Uji petik kerja produk

Uraian

Lembar observasi

Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara ikan dengan katak adalah ....

a. kepala

b. kulit

c. alat gerak*

d. ekor

Keuntungan apakah yang dapat kita peroleh dengan adanya pengklasifikasian makhluk hidup?

Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom berdasar sel penyusunnya!

Dari gambar yang sudah tersedia klasifikasikan hewan berdasarkan ciri-siri yang dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya!

Berikanlah masing-masing sebuah contoh landasan/dasar yang digunakan dalam sistem klasifikasi alami, buatan dan filogenetik!

· Siswa antusias dan sungguh-sungguh melakukan kegiatan kebersihan dan memelihara kebun sekolah setiap hari dengan kesadaran sendiri (diberi skor 4)

· Siswa antusias dan sungguh-sungguh melakukan kegiatan kebersihan dan memelihara kebun sekolah setiap hari tanpa kesadaran sendiri (diberi skor 3)

· Siswa kurang antusias dan sungguh-sungguh melakukan kegiatan kebersihan dan memelihara kebun sekolah setiap hari dengan kesadaran sendiri (diberi skor 2)

· Siswa tidak antusias dan sungguh-sungguh melakukan kegiatan kebersihan dan memelihara kebun sekolah setiap hari tanpa kesadaran sendiri (diberi skor 1)

4 X 40 menit

Tumbuhan di halaman sekolah, hewan piaraan, siswa, buku siswa, lingkungan, LKS, buku referensi yang relevan

Mengetetahui, …………………………….2008

Kepala SMP……………………. Guru Mata Pelajaran

(………………………………) (……………………………….) NIP. NIP.

Tidak ada komentar: