SILABUS
Sekolah : SMP ............................
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup | Ciri-ciri makhluk hidup : · Memerlukan makanan dan air · Bernafas (respirasi) · Tanggap terhadap rangsangan (iritabilitas) · Bergerak · Mengalami pertumbuhan · Berkembangbiak · Mengeluarkan zat sisa (ekskresi) · Melakukan adaptasi · Memerlukan suhu tertentu untuk hidup | o Melakukan observasi terhadap hewan piaraan dan tumbuhan di halaman sekolah o Mengamati ciri-ciri tumbuhan dan hewan o Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia o Merumuskan karakteristik /ke khasan ciri makhluk hidup o Mendiskusikan perbedaan ciri khas antara tumbuhan dengan hewan | · Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup · Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar- kan hasil observasi · Membedakan ciri tumbuhan dan hewan | Tes tertulis Tes kinerja Tes tertulis | Pilihan Ganda Tes unjuk kerja Uraian | Kucing Si Rudi beranak tiga ekor. Diantara ciri-ciri makhluk hidup, yang paling tepat dengan kejadian ini adalah ... a. tumbuh membesar b. memerlukan sumber energi c. memerlukan oksigen untuk pembakaran d. berkembangbiak* Pilihlah dua mahluk hidup yang ada di sekitar kalian, dan identifikasilah ciri-cirinya minimal 4 ciri, dan buatlah laporannya! Ciri-ciri mahluk hidup yang manakah dapat dipakai untuk membedakan hewan dan tumbuhan? | 2 x 40 menit | Tumbuhan di halaman sekolah, hewan piaraan, siswa, buku siswa, lingkungan, LKS, buku referensi yang relevan |
6.2 Mengklasifikasi- kan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki | o Klasifikasi makhluk hidup dilakukan berdasarkan kerangka acuan/dasar tertentu. o Klasifikasi makhluk hidup dilakukan dengan menggunakan sistem klasifikasi o Setiap makhluk hidup di letakkan dalam tingkatan takson tertentu. o Semakin ke bawah tingkatan takson, maka persamaan dua individu pada tingkat takson tersebut semakin besar . o Makhluk hidup diberi nama dengan sistem binomial nomenklature (penemaan dengan dua suku kata) o Manfaat keanekaragaman makhluk hidup bagi kehidupan | o Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki organisme o Mendiskusikan dasar pengelompokkan makhluk hidup o Mengelompokkan organisme yang memiliki persamaan ciri dalam satu kelompok tertentu o Eksplorasi informasi melalui referensi tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup o Melakukan klsifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri yang dimiliki o Mendiskusikan secara berkelompok, manfaat keanekaragaman makhluk hidup o Melakukan kegiatan kebersihan di kebun dan halaman sekolah o Melakukan kegiatan kebersihan dan memelihara kebun di rumah | · Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus bentuk kehidupan yang dimilikinya · Memahami dasar-dasar pengelompokkan makhluk hidup · Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup · Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom · Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di halaman sekolah berdasarkan ciri yang diamati · Memberikan masing-masing sebuah contoh landasan/dasar yang digunakan dalam sistem klasifikasi · Melestarikan kebun sekolah | Ter tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes sikap | PG Uraian Uraian Uji petik kerja produk Uraian Lembar observasi | Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara ikan dengan katak adalah .... a. kepala b. kulit c. alat gerak* d. ekor Keuntungan apakah yang dapat kita peroleh dengan adanya pengklasifikasian makhluk hidup? Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom berdasar sel penyusunnya! Dari gambar yang sudah tersedia klasifikasikan hewan berdasarkan ciri-siri yang dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya! Berikanlah masing-masing sebuah contoh landasan/dasar yang digunakan dalam sistem klasifikasi alami, buatan dan filogenetik! · Siswa antusias dan sungguh-sungguh melakukan kegiatan kebersihan dan memelihara kebun sekolah setiap hari dengan kesadaran sendiri (diberi skor 4) · Siswa antusias dan sungguh-sungguh melakukan kegiatan kebersihan dan memelihara kebun sekolah setiap hari tanpa kesadaran sendiri (diberi skor 3) · Siswa kurang antusias dan sungguh-sungguh melakukan kegiatan kebersihan dan memelihara kebun sekolah setiap hari dengan kesadaran sendiri (diberi skor 2) · Siswa tidak antusias dan sungguh-sungguh melakukan kegiatan kebersihan dan memelihara kebun sekolah setiap hari tanpa kesadaran sendiri (diberi skor 1) | 4 X 40 menit | Tumbuhan di halaman sekolah, hewan piaraan, siswa, buku siswa, lingkungan, LKS, buku referensi yang relevan |
Mengetetahui, …………………………….2008
Kepala SMP……………………. Guru Mata Pelajaran
(………………………………) (……………………………….) NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar